Hypnosis Sebelum Mengikuti Ujian

Banyak di antara para pelajar yang merasa tidak percaya diri sebelum mengikuti ujian, padahal mereka sudah belajar dengan baik. Hal ini bisa beresiko buruk saat ujian karena banyak yang telah dihafalkan hilang, kemampuan berpikir kreatif pun lenyap, dll.  Berbagai masalah ini muncul akibat ketegangan yang muncul dan dirasakan mereka. Hypnosis ternyata sangat membantu dalam mengatasi ketegangan mereka sebelum mengikuti ujian.

Beberapa tips dan teknik hypnosis yang dapat dilakukan adalah:

  1. Mintalah si anak untuk mempersiapkan diri dengan baik dan malam sebelum ujian ia bisa tidur dengan baik.  Untuk sugesti saat memberikan hypnosis adalah yang bersifat memberdayakan diri, meningkatkan keyakinan dan rasa percaya diri. Di samping itu, perlu diberikan tambahan sugesti bersifat post-hypnotic bahwa setelah ia belajar dengan baik, ia dapat tidur dengan nyenyak pada malam hari menjelang ujian tersebut. Pengulangan kata-kata yang penting dalam bentuk sugesti positif tersebut harus dilakukan berulang-ulang agar dapat melekat dengan baik dalam pikiran bawah sadarnya. Hal ini juga bisa dilakukan sendiri oleh pelajar atau mahasiswa yang sudah memahami self-hypnosis.
  2. Teknik hypnosis yang bisa digunakan untuk meningkatkan rasa percaya diri atau keyakinan bahwa mereka bisa menyelesaikan ujian dengan baik, bisa dengan menggunakan teknik yang disebut Clenched Fist. Pada saat memasuki kondisi hypnotic trance, berikanlah sugesti misalnya dengan membayangkan sebuah situasi atau peristiwa dimana ia pernah merasakan sangat percaya diri dan ia bisa mengontrol dirinya dengan sangat baik, ia merasa rileks dan nyaman saat itu. Kemudian buatlah anchor dengan meminta si anak mengepalkan tangannya saat ia berhasil mengerjakan ujiannya dengan sempurna dan muncul rasa percaya diri yang tinggi. Saat mencapai kondisi puncak semangat itu, mintalah ia menggenggamkan kepalan tangannya sambil meneriakkan kata “yes”.  Hal ini akan memberikan efek hypnotic yang tinggi dalam hal menumbuhkan keyakinan dan semangatnya.
  3. Tips penting lainnya adalah usahakan anak tersebut bangun lebih awal, dan setelah sarapan dan mempersiapkan diri dengan baik. Ia diharapkan tiba di tempat ujian lebih awal sehingga bisa lebih tenang dan bisa mempersiapkan segala sesuatu sebelum ujian dimulai.
  4. Peranan keluarga menciptakan suasana yang nyaman dan kondusif bagi si anak juga sangat diperlukan.  Hindari perselisihan atau suasana gaduh atau komunikasi buruk dalam keluarga yang bisa memicu munculnya kembali stressor pada si anak.

Demikian tips hypnosis untuk anak sebelum mengikuti ujian.  Semoga bermanfaat !

Baca juga: https://hypnobirthingsurabaya.com/2020/07/27/hipnoterapi-anak-yang-pemarah/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
hi,
ada yang bisa dibantu ?