Nutrisi Busui

nutrisi bumil

Apa sajakah kecukupan nutrisi yang harus dipenuhi oleh ibu menyusui (busui)? Kebutuhan gizi bagi Anda yang sedang menyusui dan yang sedang tidak menyusui tentunya berbeda. Tingkat asupan nutrisi yang dibutuhkan juga berbeda-beda. Berikut gambaran secara umum tingkat kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi busui:

Kalori

Pada umumnya setiap ibu menyusui membutuhkan 500 kalori lebih banyak dari wanita yang tidak bisa menyusui. Perhitungan kalori dapat berbeda-beda untuk setiap individu karena kebutuhan makanan ibu menyusui sangat dipengaruhi beraneka ragam factor dari kondisi ibu menyusui sendiri. Setiap ibu perlu memperhatikan banyaknya aktivitas, metabolism tubuh, dan juga frekuensi menyusui.

Vitamin dan Mineral

Pada saat menyusui, vitamin dan mineral merupakan suatu hal yang dibutuhkan lebih banyak dari biasanya. Hal tersebut dilakukan untuk mencukupi kebutuhan ibu dan juga bayinya  agar tumbuh lebih optimal.

Oleh karena itu, untuk mendapatkannya pastikan makanan yang Anda konsumsi bervariasi, seimbang, dan alami. Energy yang dihasilkan oleh makanan alami biasanya bertahan lebih lama dalam tubuh daripada makanan berbahan sintesis. Banyaknya makanan yang bervariasi dapat memperkaya gizi air susu dan membiasakan bayi saat sudah bisa diberikan makanan pendamping ASI.

Cairan Tubuh

Anda harus memastikan bahwa cairan di dalam tubuh selalu tercukupi. Minumlah air putih sebanyak-banyaknya dan secara teratur tanpa harus menunggu rasa haus. Jika warna urine Anda berwarna kuning pekat, tambahkan porsi air minum Anda.

Walaupun jumlah asupan minum air tidak mempengaruhi suplai ASI untuk bayi Anda, mencukupi cairan tubuh sangatlah penting pada masa menyusui karena tubuh melepaskan hormone oksitosin yang mempercept timbulnya rasa haus.

Yuk follow instagram kami untuk mendapat informasi lebih banyak:

https://www.instagram.com/hypnobirthing_surabaya/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
hi,
ada yang bisa dibantu ?