Pantangan Makanan Bagi Busui

ada beberapa makanan yang harus dihindari untuk ibu menyusui. Berikut adalah beberapa pantangan makanan bagi busui, di antaranya:

1. Kafein yang Berlebihan

Satu atau dua cangkir kopi, teh, atau soda sehari  tidak akan memengaruhi bayi. Namun, lebih dari itu dapat menyebabkan Anda dan bayi merasa gelisah, mudah tersinggung, dan susah tidur. Selain itu, kafein yang berlebihan dikaitkan dengan kolik dan acid reflux pada beberapa bayi.

2. Ikan Bermerkuri Tinggi

Panduan kesehatan mengenai ikan yang berlaku untuk wanita hamil juga berlaku untuk wanita menyusui. Hindari ikan bermerkuri tinggi termasuk seperti todak, tilefish dan mackerel, dan batasi ikan tuna putih.

3. Susu dan Daging Berlemak Tinggi

Pestisida dan bahan kimia lain yang harus dihindari tersembunyi dalam lemak hewani, jadi umumnya lebih baik konsumsi susu dan daging rendah lemak. Pilihlah susu dan daging organik, karena tidak dapat menggunakan antibiotik, hormon pertumbuhan, pestisida atau bahan kimia lainnya.

4. Makanan Kalengan

Pantangan makanan bagi busui selanjutnya adalah makanan kalengan. Makanan kaleng biasanya banyak mengandung pengawet, MSG, garam dan perasa makanan. Semua zat ini bisa menyebabkan beberapa masalah pada bayi, seperti diare,dehidrasi dan muntah. Bahan kimia tersebut juga berdampak buruk bagi organ bayi yang masih mengalami perkembangan.

5. Alkohol

Seperti halnya kafein, lebih sedikit alkohol yang masuk ke dalam ASI daripada masuk ke aliran darah ibu. Aturan umumnya adalah 1-2 gelas minuman beralkohol tidak akan menimbulkan masalah bagi bayi.

6. Peppermint

Peppermint dosis tinggi telah diketahui dapat menghambat produksi susu. Bahkan, peppermint adalah ramuan yang kadangkala digunakan oleh ibu yang siap menyapih dan ingin mengosongkan suplai ASI mereka.

7. Beberapa Herbal Tertentu

Beberapa penelitian telah dilakukan mengenai keamanan tanaman herbal, namun sedikit yang diketahui bagaimana pengaruhnya terhadap bayi yang sedang menyusui. Agar tetap aman, tanyakan kepada dokter sebelum mengonsumsi obat herbal.

8. Kedelai, Gandum, Jagung, Telur, atau Kacang Tanah (Makanan Alergen)

Menurut Dr. Zakiudin Munasir, SpA(K) dari divisi Alergi-Imunologi Bagian Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM, makanan yang dimakan ibu menyusui akan masuk ke peredaran darah dan bisa bikin alergi pada bayi. Inilah yang terkadang menimbulkan alergi meskipun tidak semua bayi mudah terkena alergi. Alergen umum ini juga diketahui masuk ke dalam ASI dan berpotensi menimbulkan masalah bagi bayi.

9. Pengganti Gula

Seperti halnya pada waktu hamil, satu-satunya yang harus dihindari adalah gula sintetis (sakarin). Ada banyak pilihan pemanis alami seperti stevia, madu, agave nectar, sirup jagung, gula kelapa, sirup maple, sirup beras merah, yang dianggap aman selama menyusui

10. Makanan Non-organik

Sebagai gantinya, pilihlah makanan organik untuk buah-buahan, sayuran, susu, unggas, daging, telur dan gandum untuk meminimalkan bahan kimia pestisida dan pupuk yang dapat berdampak buruk pada kesehatan bayi melalui ASI.

Baca juga: https://hypnobirthingsurabaya.com/2020/08/30/panduan-asi-perah/

Yuk follow instagram kami untuk mendapat informasi lebih banyak:

https://www.instagram.com/hypnobirthing_surabaya/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
hi,
ada yang bisa dibantu ?