Manfaat Fertility Yoga

Pada dasarnya, ada banyak faktor yang menyebabkan pasangan suami istri sulit memiliki keturunan. Mulai dari gaya hidup yang kurang sehat serta pikiran stres dan kurang istirahat juga dapat mengurangi kesuburan. Untuk itu, Anda bisa menyiasati kondisi ini dengan fertility yoga. Sesuai dengan namanya, yoga kesuburan ini melibatkan gerakan-gerakan yang mendukung kesehatan jaringan panggul dan rahim, sehingga proses pembuahan dapat dioptimalkan secara maksimal. Apa sajakah manfaat yang didapatkan dengan fertility yoga? yuk kita simak penjelasan manfaat fertility yoga berikut ini.

Manfaat fertility yoga untuk wanita

Kesuburan wanita dapat terganggu akibat berbagai masalah hormonal, sehingga periode ovulasi terganggu. Tidak hanya itu, endometriosis, PCOS, dan fibroid juga diduga kuat sebagai faktor kesehatan yang menurunkan kesuburan wanita sehingga membuat mereka sulit memiliki keturunan. Dengan demikian, perbaikan gaya hidup, pilihan makanan, serta olahraga secara rutin dapat menjadi solusi terbaik untuk meningkatkan kesuburan wanita. Salah satu olahraga yang dianjurkan yaitu yoga. Selain dapat membantu Anda mengendalikan stres, gerakan-gerakan fertility yoga juga efektif menyeimbangkan kembali hormon di tubuh wanita. Artinya, program kehamilan berjalan lebih cepat karena proses pembuahan tidak terhalang. Di samping itu, fertility yoga juga dapat menghilangkan racun dalam organ reproduksi. Kondisi organ reproduksi yang sehat akan membantu Anda cepat hamil.

Tujuan olahraga yoga kesuburan

Karena memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan wanita, olahraga fertility yoga ini juga memiliki tujuan yang spesifik di setiap gerakannya. Misalnya, pada pose pranayama, Anda dapat memperbaiki sistem pernapasan dan saraf tubuh. Dengan begitu, peredaran darah dan metabolisme dapat berjalan lebih lancar. Proses pelepasan sel telur pada periode ovulasi pun tidak terhambat. Di samping itu, gerakan-gerakan fertility yoga dapat meregangkan otot punggung bagian bawah, pinggul, panggul, bokong, dan selakangan. Kondisi fisik yang sehat dan ‘siap’ untuk proses pembuahan ini tentu bisa mendukung program hamil yang sedang Anda jalankan bersama pasangan.

Kapan harus melakukan fertility yoga?

Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. Fertility yoga sebaiknya dilakukan secara rutin sebelum Anda mengalami masalah kesuburan. Tidak ada salahnya melakukan gerakan-gerakan yoga kesuburan ini meskipun Anda belum menikah atau belum berencana untuk memiliki keturunan. Pasalnya, sebagai salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah, yoga punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan mental Anda. Dengan rutin melakukan olahraga setiap harinya, maka kondisi fisik lebih bugar dan psikis pun lebih rileks dan terbebas dari stres berlebih.

Durasi terbaik untuk menyempurnakan program hamil

Beberapa dokter kandungan menyarankan setiap wanita yang menjalankan program hamil untuk melakukan fertility yoga. Namun, untuk menghindari rasa lelah berlebihan yang justru menghambat pembuahan, yoga harus dilakukan dengan durasi yang tepat. Disarankan yoga kesuburan dilakukan sebanyak 2 – 3 kali dalam seminggu, dengan durasi kurang lebih 30 menit. Fertility yoga dapat dilakukan secara mandiri di rumah atau bersama instruktur di studio yoga yang saat ini bisa dengan mudah dijumpai.

Tips yoga kesuburan untuk pemula

Sebagai pemula, sebaiknya terlebih dulu Anda mempersiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan saat berolahraga yoga kesuburan. Mulai dari matras hingga pakaian olahraga yang nyaman. Dalam hal ini, matras berfungsi untuk mencegah risiko cedera selama Anda melakukan gerakan-gerakan yoga. Sementara pakai pakaian olahraga yoga dengan bahan yang mampu menyerap keringat dengan baik. Untuk memastikan keamanan gerakan atau pose yang dilakukan, Anda bisa belajar dari instruktur secara langsung.

Itulah tadi beberapa hal terkait fertility yoga yang perlu Anda ketahui beserta manfaat olahraga tersebut. Jadi, apakah sudah tertarik untuk mulai berlatih yoga kesuburan ini? Semoga program hamil berjalan lancar dengan bantuan olahraga fertility yoga ini, ya!

baca juga: https://hypnobirthingsurabaya.com/2020/06/28/manfaat-olahraga-saat-promil/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
hi,
ada yang bisa dibantu ?