White Noise Menidurkan Bayi

White noise adalah suara “menenangkan” yang bisa menyamarkan kebisingan di sekitar lingkungan. Biasanya, kebisingan ini bisa mengganggu pola tidur bayi. Di sinilah kehadiran white noise bisa membantu orangtua menidurkan bayi.

White noise adalah “nina bobo” yang ampuh tidurkan bayi

Kebisingan di sekitar lingkungan bisa berupa suara jalanan, alarm mobil yang berbunyi, hingga kerumunan orang.

White noise bisa menyerupai banyak suara, seperti suara rintik hujan, desir angin di laut, hingga suara hutan tropis yang dipenuhi burung berkicau. Intinya, white noise menawarkan suara yang menenangkan untuk bayi yang ingin tidur.

Banyak jasa layanan streaming musik, situs ataupun video di dunia maya, yang menawarkan suara-suara white noise dalam berbagai macam bentuk. Bahkan, ada juga mesin khusus yang bisa mengeluarkan suara white noise berupa detak jantung ibu ataupun suara yang menyerupai ibundanya.

Sebuah hasil penelitian yang dirilis dalam jurnal Archives of Diseases in Childhood, bahkan menegaskan bahwa white noise bisa menjadi “nina bobo” yang ampuh untuk membantu menidurkan bayi. Dalam studi itu, sekitar 40 bayi yang baru lahir pun didengarkan dengan berbagai macam suara white noise.

Hasilnya, 80% dari bayi tersebut berhasil tidur setelah mendengarkan white noise selama 5 menit saja.

Sebenarnya, bayi sudah terbiasa dengan suara bising, bahkan sejak ia masih di dalam kandungan. Sebab, suara aliran darah yang melaju lewat plasenta, bisa menghasilkan bunyi yang sangat bising.

Namun, bayi tidak familiar dengan suara bising seperti klakson mobil ataupun jalanan yang dipenuhi dengan kemacetan. Itulah sebabnya, white noise bisa memberikan suara yang menenangkan secara konsisten, hingga membantu bayi tertidur pulas.

Keuntungan menggunakan white noise untuk tidurkan bayi

Terlepas dari manfaat white noise untuk menidurkan bayi, ada beberapa pro dan kontra yang sering dibahas oleh kaum ibu. Untuk lebih jelasnya, mari pahami pro dan kontra menggunakan white noise untuk tidurkan bayi ini.

Membantu bayi tidur lebih cepat

Sudah jelas, pro menggunakan white noise untuk menidurkan bayi yang pertama adalah membuat bayi terlelap dengan cepat. Biasanya, jika bayi sudah terbiasa tidur di tengah keramaian, para ibu tidak akan kesulitan menidurkan bayi dengan white noise.

Seperti yang sudah disinggung tadi, sebuah riset bahkan membuktikan bahwa bayi bisa tidur dalam waktu 5 menit saja, setelah mendengarkan white noise.

Dapat menyamarkan suara bising yang mengganggu

Keuntungan menggunakan white noise untuk menidurkan bayi selanjutnya adalah menyamarkan suara bising yang mengganggu. Tidak jarang para bayi harus terganggu dengan suara petasan di malam tahun baru.

Dengan menggunakan white noise, suara-suara bising yang ada di luar rumah bisa disamarkan dengan ketenangan white noise.

Kedua keuntungan ini bisa menjadi alasan bagi Anda untuk mencoba white noise ketika menidurkan bayi. Namun ketahuilah, ada beberapa kerugian yang mungkin bisa dirasakan sang bayi saat menggunakan white noise.

Kerugian potensial menggunakan white noise untuk tidurkan bayi

Menggunakan white noise untuk menidurkan bayi tetap memiliki risiko dan beberapa kerugian. Berikut ini bisa jadi contohnya:

Bayi tidak bisa mentolerir suara bising white noise

Sebuah penelitian dilakukan dengan mencoba 14 mesin white noise yang berbeda pada bayi. Studi itu menemukan bahwa ke-14 mesin white noise itu memiliki kebisingan yang melebihi batas kebisingan yang disarankan.

Bahkan, riset tersebut menyebutkan, tidak hanya masalah pendengaran saja yang muncul, tapi juga masalah kognitif, seperti terlambat bisa mengenal bahasa misalnya.

Itulah sebabnya, Anda disarankan untuk meletakkan mesin white noise setidaknya 200 sentimeter dari tempat tidur bayi. Selain itu, pelankan volume-nya.

Bayi bisa terlalu bergantung dengan suara white noise

Kerugian kedua adalah bayi bisa menjadi terlalu bergantung pada white noise untuk tidur. Itu artinya, jika tidak ada suara white noise di sekitar bayi, ia tidak akan bisa tidur.

Tidak semua bayi bisa tidur dengan white noise

Tidak semua bayi memiliki kebutuhan tidur yang sama. Maka dari itu, tidak semua bayi akan merespons baik metode white noise.

Jika Anda ingin tetap mencobanya, lakukanlah dengan aman, dengan meletakkan mesin white noise sekitar 200 sentimeter dari tempat tidur dan tidak memaksimalkan volumenya.

Sebelum Anda mencoba white noise pada bayi, ada baiknya berkonsultasi dulu dengan dokter. Sebab, dokter bisa memberikan tips dan trik menidurkan bayi yang ampuh, walau tanpa white noise sekalipun.

Baca juga: https://hypnobirthingsurabaya.com/2020/10/27/perbedaan-gumoh-dan-muntah/

Yuk follow instagram kami untuk mendapatkan informasi seputar akupuntur, promil, bumil, dan busui:

https://www.instagram.com/hypnobirthing_surabaya/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
hi,
ada yang bisa dibantu ?