Manfaat Melon untuk Bumil

Tak hanya rasanya yang segar, konsumsi melon juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan bumil dan janin. Saat hamil, ibu disarankan untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan bergizi dan bernutrisi agar perkembangan janin dalam kandungan terus terjaga. Pilihan makanan bernutrisi dan bergizi untuk perempuan hamil terbilang beragam, salah satunya adalah buah melon.

Melon menjadi salah satu buah yang membawa manfaat bagi tubuh karena dalam melon tak hanya terkandung serat yang cukup tinggi, tetapi juga mengandung nutrisi lain yang baik untuk kesehatan ibu dan juga janin.

Ingin tahu apa saja manfaat melon jika dikonsumsi bumil? Simak penjelasannya.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Konsumsi melon selama hamil dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi 500 gram melon, maka kebutuhan vitamin C harian perempuan hamil dapat terpenuhi dengan baik. Nah, karena mengandung vitamin C inilah konsumsi melon saat hamil bermanfaat dalam membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak rentan untuk terserang penyakit dan infeksi saat hamil.

2. Baik untuk kesehatan janin

Melon mengandung asam folat yang cukup tinggi sehingga baik untuk kesehatan ibu dan janin di kandungan. Seperti yang kita tahu, asam folat merupakan vitamin penting yang dibutuhkan bumil guna menunjang tumbuh kembang janin dalam kandungan. Tak hanya kandungan asam folatnya saja yang cukup tinggi, melon juga mengandung zinc yang juga penting dalam menunjang perkembangan jaringan tubuh janin dalam kandungan. 

3. Mendukung perkembangan kognitif janin dalam kandungan

Melon mengandung vitamin A yang cukup tinggi sehingga baik untuk kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Vitamin A menjadi salah satu asupan penting yang menunjang pertumbuhan fungsi kognitif bayi yang sehat dan menangkal cacat bawaan. Vitamin ini juga mendukung perkembangan jantung, paru-paru, ginjal, mata, dan tulang bayi sehingga dalam jumlah yang cukup mampu menyokong tumbuh kembang janin dalam kandungan.

4. Mencegah dehidrasi

Konsumsi melon selama kehamilan dapat membantu mencegah dehidrasi. Hal ini karena melon mengandung air yang cukup tinggi sehingga dapat menjadi asupan cairan yang menyegarkan tubuh. Meski melon mengandung air yang cukup tinggi, bumil tetap harus mengonsumsi cairan yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan dehidrasi terhindarkan.

5. Mengatasi Sembelit

Sembelit menjadi salah satu  gangguan pencernaan yang umum dialami perempuan hamil. Jika bumil sembelit, cobalah untuk mengonsumsi buah melon secukupnya. Melon merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan serat alami yang larut dalam air sehingga dapat membantu mengatasi masalah sembelit yang terjadi selama kehamilan.

6. Mencegah anemia

Konsumsi melon juga memiliki manfaat untuk membantu mencegah anemia pada bumil. Hal ini karena dalam melon terkandung sejumlah zat besi. Fungsi zat besi bagi perempuan hamil tak hanya mampu mencegah anemia selama kehamilan, tetapi membantu membangun otot-otot janin, khususnya jika sedang memasuki trimester kedua dan ketiga. Dengan mendapatkan asupan zat besi yang tercukupi dengan baik, risiko untuk alami keguguran dan kelahiran premature dapat berkurang.

7. Mengontrol tekanan darah

Kandungan kalium yang terdapat pada melon memiliki peranan yang cukup penting dalam mengatur sistem tekanan darah. Dengan mengonsumsi melon secukupnya, tekanan darah bumil dapat terkontrol dengan baik. Selain mampu mengontrol tekanan darah, kandungan kalium yang terdapat pada melon juga dapat membantu mengatasi kram kaki yang banyak dikeluhakan perempuan hamil.

Baca juga: https://hypnobirthingsurabaya.com/2020/11/18/manfaat-korset-untuk-bumil/

Yuk follow instagram kami untuk mendapatkan informasi seputar akupuntur, promil, bumil, dan busui:

https://www.instagram.com/hypnobirthing_surabaya/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
hi,
ada yang bisa dibantu ?