Manfaat Omega 3 Bumil

Manfaat yang diberikan oleh omega 3 sangat berguna untuk menjaga kesehatan bumil dan janin. Salah satunya bisa membuat perkembangan otak janin menjadi semakin membaik setiap harinya.

Makanan yang memiliki omega 3 dan aman untuk dikonsumsi oleh Anda yaitu telur, susu, salmon, tuna, yoghurt, dan sereal. Dibanding Anda mengonsumsi suplemen minyak ikan untuk mendapatkan omega 3, lebih baik makan langsung dari makanan yang memiliki nutrisi tersebut.

Jika Anda ingin tahu apa saja manfaat omega 3 untuk bumil, berikut informasinya.

1. Memberi stimulasi perkembangan otak pada janin

Omega 3 bermanfaat untuk perkembangan otak janin karena memiliki kandungan EPA dan DHA. Jurnal Child Development 2004 menyatakan bahwa DHA dapat mempengaruhi kecerdasan pada anak, Anda yang sering mengonsumsi omega 3 tersebut bisa menutrisi otak si Kecil.

Saat hamil Anda perlu makan yang teratur karena bayi di dalam kandungan Anda akan menyerap nutrisi dari segala makanan yang Anda konsumsi.

Sehingga perkembangan dan pertumbuhan janin dapat berlangsung dengan baik, dan memiliki perkembangan otak dan saraf yang baik juga.

2. Mengurangi risiko kelahiran prematur

Kelahiran prematur adalah kelahiran yang terjadi lebih awal sebelum waktunya, biasanya kelahiran seperti ini berlangsung pada usia kehamilan yang kurang dari 9 bulan.

Dapat diketahui saat bayi lahir secara prematur memiliki risiko mengalami gangguan kesehatan, sebab organ tubuhnya belum kuat dan siap.

Omega 3 sangat baik untuk memperkecil risiko kelahiran prematur, risiko bayi lahir secara prematur juga berkurang sebesar 42% hingga usia kandungan mendekati 9 bulan.

Bagi Anda yang masih berada di semester kedua, sebaiknya mengonsumsi makanan yang memiliki omega 3 sebab hal itu akan menjauhkan Anda dari kelahiran prematur.

3. Membentuk retina mata yang baik bagi kandungan

Omega 3 sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak pada bayi. DHA menyumbang 40% dari asam lemak tak jenuh di otak dan 60% di retina mata.

Oleh karena itu tidak mengherankan bahwa kandungan bayi yang diberi nutrisi omega 3 yang diperkaya DHA, memiliki penglihatan yang lebih baik daripada bayi yang tidak mendapatkan gizi tersebut.

Anda pasti ingin memiliki bayi yang sehat dan organ tubuhnya lengkap, dengan mengonsumsi sayur-sayuran seperti bayam juga akan memberi gizi omega 3 pada si Kecil.

4. Menjauhkan si Janin dari attention deficit hyperactivity disorder (ADHD)

Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) adalah gangguan perilaku yang sering dialami pada si Kecil. Gangguan ini ditandai oleh banyak tingkah seperti hiperaktif dan impulsif.

Beberapa penelitian mencatat bahwa anak-anak dengan ADHD memiliki kadar asam lemak omega 3 dalam darah yang lebih rendah daripada teman-teman mereka yang lain.

Terlebih lagi, banyak penelitian mengamati bahwa suplemen omega 3 dapat mengurangi gejala ADHD. Nah, sekarang Anda telah mengetahui fungsi dari omega 3 kan, tunggu apalagi segera penuhi gizi tersebut selama mengandung ya!

5. Mencegah risiko depresi dan baby blues

Depresi adalah salah satu gangguan mental yang paling umum di dunia. Gejalanya meliputi kesedihan, kelesuan, dan hilangnya minat pada kehidupan. Kecemasan juga menjadi gangguan yang ditandai dengan kekhawatiran dan kegelisahan yang konstan.

Orang yang mengonsumsi omega 3 secara teratur lebih kecil kemungkinannya mengalami depresi. Jika Anda sedang hamil sebaiknya banyak istirahat dan memenuhi gizi omega 3 untuk mengurangi risiko depresi dan baby blues.

Ada tiga jenis asam lemak omega 3 yaitu ALA, EPA dan DHA. Dari ketiganya, EPA tampaknya menjadi yang terbaik dalam memerangi depresi.

Nah, itulah berbagai manfaat yang bisa bumil dan janin dapatkan jika bumil memenuhi gizi omega 3 pada tubuh selama masa kehamilan. Mulailah mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3 ya.

Baca juga: https://hypnobirthingsurabaya.com/2020/11/19/manfaat-melon-untuk-bumil/

Yuk follow instagram kami untuk mendapatkan informasi seputar akupuntur, promil, bumil, dan busui:

https://www.instagram.com/hypnobirthing_surabaya/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
hi,
ada yang bisa dibantu ?