Manfaat Semangka untuk Bumil

Mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan selama masa kehamilan adalah langkah yang tepat dalam mendukung tumbuh kembang bayi di dalam rahim. Salah satu buah yang baik saat masa kehamilan adalah semangka, sebab di dalamnya mengandung air sekitar 91 persen yang tentunya sangat baik bagi bumil. Namun, bukan berarti air tersebut bisa mengurangi kandungan vitamin lain yang terkandung di dalam semangka. Di dalam buah berwarna merah ini, masih banyak mengandung banyak mineral, antioksidan dan vitamin yang diperlukan tubuh. Berikut sejumlah manfaat semangka untuk bumil:

Menyembuhkan Asam Lambung

Semangka mampu meredakan asam lambung karena saat bumil muda biasanya akan sering merasakan mual dan muntah yang disebabkan oleh meningkatnya asam lambung. Oleh sebab itu, mengonsumsi buah semangka merupakan salah satu cara untuk mengurangi dampak buruk dari meningkatnya asam lambung.

Mengurangi Tingkat Risiko Kram Otot

Kram otot adalah salah satu masalah yang dikeluhkan sejumlah wanita hamil. Kandungan magnesium dan kalium pada semangka akan membebaskan bumil dari kram otot, terutama pada usia kehamilan trimester ketiga.

Sumber Magnesium dan Vitamin

Semangka merupakan sumber magnesium dan vitamin, di dalamnya mengandung vitamin B6 dan magnesium yang dapat berfungsi untuk membersihkan racun pada tubuh bumil. Mengkonsumsi semangka dapat mencegah bumil mengalami kelelahan.

Mengatasi Morning Sickness

Semangka mengandung likopen yang dapat berguna untuk mengatasi morning sickness atau gejala mual dan muntah-muntah di pagi hari. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa likopen bekerja mengurangi risiko preeklampsia (komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi dan kerusakan ginjal) untuk bayi dan bumil.

Mengurangi Bengkak Pada Tangan dan Kaki

Pembengkakkan pada tangan dan kaki sering dialami oleh bumil pada usia kehamilan tiga bulan terakhir. Hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi buah semangka, karena didalamnya mengandung mineral yang baik untuk mencegah gangguan ataupun efek dari bengkak yang terjadi.

Mencegah Pigmentasi

Manfaat semangka untuk bumil berikutnya yaitu dapat mencegah pigmentasi yang merupakan masalah yang dialami oleh bumil, karena adanya perubahan sistem hormon yang tinggi pada bumil. Gejala pigmentasi dapat dikurangi dengan mengkonsumsi semangka yang dapat menetralisir efek dari pigmentasi kulit.

Menjaga Sistem Imunitas

Vitamin C yang terkandung di buah semangka, menjadikan buah ini mampu membantu meningkatkan sistem imun tubuh bumil. Hal ini sangat membantu dalam menjaga kesehatan bumil pada cuaca yang tidak menentu.

Kaya Antioksidan

Buah semangka juga kaya akan antioksidan yang berasal dari vitamin A yang bermanfaat untuk bumil dalam menjaga organ penglihatan janin. Sementara senyawa karotenoid vitamin A juga bermanfaat sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Mendukung Pembentukan Tulang Janin

Kalium yang juga terdapat pada semangka berfungsi dalam pembentukan tulang janin, serta dapat menguatkan dan menyehatkan persendian pada tubuh ibu.

Manfaat semangka untuk bumil sangat banyak dan beragam. Sebaiknya konsumsi semangka sebagai salah satu sumber nutrisi dan sebagai alternatif agar ibu tidak merasa bosan. Bumil juga bisa mengolah buah semangka menjadi kudapan manis yang ringan, namun kaya akan cairan yang penting di masa kehamilan.

Baca juga: https://hypnobirthingsurabaya.com/2020/11/19/mengatasi-bumil-susah-tidur/

Yuk follow instagram kami untuk mendapatkan informasi seputar akupuntur, promil, bumil, dan busui:

https://www.instagram.com/hypnobirthing_surabaya/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
hi,
ada yang bisa dibantu ?