Bahaya Bumil Minum Soda

Bolehkah bumil minum soda? Apa saja bahaya yang bisa terjadi jika bumil minum soda secara berlebihan? Cari tahu penjelasannya berikut ini.

Sebuah penelitian dari Departemen Kebidanan dan Kandungan, Rumah Sakit Universitas Sahlgrenska, mengungkapkan bahwa minum lebih dari satu minuman yang dimaniskan dengan gula buatan setiap hari selama kehamilan dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur.

Temuan ini tidak pasti, tetapi untuk berada di sisi yang aman, Anda mungkin ingin membatasi jumlah soda yang diminum.

Studi oleh American College of Obstetricians dan Gynecologists menunjukkan bahwa seorang wanita hamil tidak boleh mengonsumsi lebih dari 200 mg kafein per hari.

Satu porsi soda mengandung antara 32-42 mg kafein. Karenanya, jika Anda membatasi konsumsi soda harian hingga satu porsi per hari, maka masih dalam batas aman.

Bahaya Bumil Minum Soda

Setelah mengetahui jumlah batasan bumil minum soda dalam sehari. Maka, apa bahaya bumil minum soda bila melebihi bahkan setiap hari mengonsumsinya? Berikut ulasannya.

1. Pengaruh pada Indeks Massa Tubuh Bayi

Bahaya bumil minum soda yang pertama adalah pengaruh pada indeks masa tubuh bayi.

Sebuah studi yang dirilis JAMA Pediatrics menunjukkan minuman bersoda yang menggunakan pemanis buatan yang dikonsumsi selama kehamilan dapat memberikan Si Kecil dua kali lebih besar peluang kelebihan berat badan pada 1 tahun.

“Sepengetahuan kami, hasil kami memberikan bukti manusia pertama bahwa konsumsi pemanis buatan selama kehamilan dapat meningkatkan risiko kelebihan berat badan anak usia dini,” para peneliti menyimpulkan.

Mengingat epidemi obesitas saat ini dan meluasnya konsumsi pemanis buatan, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan.

Dalam studi mereka, peneliti kesehatan anak-anak yang terkait dengan University of Manitoba di Kanada dan sekolah penelitian lainnya menggunakan data yang dikumpulkan dari 2.413 wanita hamil.

Hampir 30 persen dari bumil ini melaporkan minum minuman manis buatan dan sekitar 5 persen melaporkan mengkonsumsinya setiap hari.

Para peneliti menemukan anak-anak yang lahir dari ibu yang minum minuman manis buatan memiliki risiko dua kali lipat kelebihan berat badan pada usia 1 tahun.

Efek ini, kata para peneliti, tidak dijelaskan oleh indeks massa tubuh ibu (BMI), kualitas makanannya, asupan energi total, atau faktor risiko obesitas lainnya.

2. Nihil Nutrisi

Bahaya bumil minum soda yang selanjutnya adalah nihil nutrisi. Anda, minum soda menawarkan sangat sedikit bahkan tidak ada nutrisi yang dikandungnya. Hal ini berarti mereka tidak memberi nilai tambah pada kesejahteraan bumil.

Tetapi, minum soda dapat meningkatkan kadar kalori tubuh Anda. Singkatnya, minuman berkarbonasi ini tidak akan menawarkan vitamin atau mineral apa pun, yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil dalam kandungan.

Jika bumil terobsesi minum soda, maka satu atau dua tegukan saja karena tidak akan membahayakan Anda maupun Si Kecil.

3. Sebabkan Alergi dan Asma

Bahaya bumil minum soda yang selanjutnya adalah sebabkan alergi dan asma.

Sumber Pusat Pemrograman Janin, Departemen Epidemiologi, Statens Serum Institute, Copenhagen, mengungkapkan juga peningkatan minum soda yang dimaniskan secara artifisial oleh bumil dapat berkontribusi pada perkembangan alergi dan asma pada pada Si Kecil.

Menurut peneliti, pada usia 18 bulan, mereka menemukan bahwa ibu yang mengonsumsi minum soda yang lebih manis secara buatan 1,23 persen kali lebih mungkin melaporkan diagnosis asma anak dibandingkan dengan bukan konsumen.

Bahkan, ibu-ibu tersebut juga melaporkan rinitis alergi selama 7 tahun pertama masa tindak lanjut.

Hasil ini menunjukkan bahwa konsumsi minuman ringan yang dimaniskan secara artifisial selama kehamilan dapat berperan dalam perkembangan penyakit alergi anak.

4. Picu Adrenalin Jantung

Bumil minum soda dapat menyebabkan jantung terbakar atau terpicu adrenalin terutama selama trimester ketiga.

Jika Anda mengalami sensasi terbakar di daerah dada atau tepat di bawah tenggorokan setelah beberapa menit mengonsumsi minuman bersoda, langsung hentikan.

Bila Anda ingin menikmati minuman bersoda tetapi ingin tetap sehat pada saat yang sama, cobalah untuk menggabungkan air berkarbonasi dengan jus buah segar murni untuk memuaskan keinginan dan memberi bayi sejumlah vitamin, mineral, potasium, dan zat besi yang cukup.

Lebih baik lagi, cobalah menghindari minuman ringan selama kehamilan dan beralih ke jus sehat

5. Pengaruh Perkembangan Otak Si Kecil

Bahaya bumil minum soda yang selanjutnya adalah pengaruhi perkembangan otak bayi.

Sebuah studi yang diterbitkan American Journal of Preventive Medicine pada 2008 menunjukkan adanya hubungan negatif antara mengonsumsi soda selama kehamilan dan perkembangan otak bayi.

Studi ini menemukan bahwa ketika calon ibu mengkonsumsi lebih banyak gula selama kehamilan, terutama dalam bentuk soda, anak-anak mereka tumbuh dengan keterampilan non-verbal dan pemecahan masalah yang buruk bersama dengan ingatan yang buruk.

Studi ini juga menunjukkan bahwa efeknya sama buruknya dengan soda diet, mengkonsumsinya selama kehamilan terkait dengan kemampuan motorik visual, spasial, dan motorik yang lebih buruk pada bayi.

6. Kehilangan Kalsium

Bahaya bumil minum soda yang selanjutnya adalah kehilangan kalsium. Konsumsi soda saat hamil bisa membuat Anda kehilangan kalsium dari tulang karena asam karbonat dan asam fosfat (agen perasa).

7. Peningkatan Tekanan Darah

Bahaya bumil minum soda yang selanjutnya adalah peningkatan tekanan darah karena adanya natrium dalam air berkarbonasi

Studi oleh para peneliti Inggris dan AS yang muncul dalam jurnal Hypertension menyebutkan bahwa para ilmuwan percaya terlalu banyak gula dalam darah mengganggu pembuluh darah dan kadar garam dalam tubuh. Ini yang akan memicu peningkatan tekanan darah.

8. Menyebabkan Cacat Bawaan

Bahaya bumil minum soda yang selanjutnya adalah menyebabkan cacat bawaan.

Meskipun sebagian kecil bahan buatan tidak akan membahayakan kesehatan bayi Anda, penelitian mengungkapkan bahwa sejumlah besar minuman ringan yang memiliki rasa atau warna buatan tidak disarankan.

Kehadiran sakarin dalam minuman ringan akan menyebabkan cacat lahir pada bayi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa aspartam atau sucralose tidak berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah kecil oleh bumil.

Pastikan untuk membaca label minuman ringan yang Anda beli untuk memastikan tidak ada bahan berbahaya yang tidak baik untuk Si Kecil.

9. Bayi Lahir Gemuk

Bahaya bumil minum soda yang selanjutnya adalah bayi lahir gemuk. Konsumsi gula dan pemanis buatan yang berlebihan dapat menyebabkan bayi gemuk.

10. Risiko Keguguran

Bahaya bumil minum soda yang selanjutnya adalah risiko keguguran. Salah satu alasan mengapa Anda harus menghindari minum minuman bersoda selama kehamilan adalah karena mengandung kafein.

Studi yang dilakukan oleh American Pregnancy Association mengungkapkan bahwa ketika seorang wanita hamil mengkonsumsi lebih dari 300 mg kafein, itu dapat menyebabkan keguguran. Karena itu sangat penting bagi Anda untuk membatasi asupan.

11. Memicu Heartburn

Bahaya bumil minum soda yang selanjutnya adalah memicu heartburn. Minuman berkarbonasi selama dapat menyebabkan heartburn atau memperburuknya, jika Anda sudah memilikinya.

Studi mengatakan, terutama selama trimester ketiga, kehadiran kafein dalam minuman ini akan membuat heartburn lebih buruk.

Jika Anda mengalami sensasi terbakar di daerah dada atau tepat di bawah tenggorokan setelah beberapa menit mengonsumsi minuman soda, jangan langsung meminumnya.

Bila Anda ingin menikmati minuman bersoda tetapi ingin tetap sehat pada saat yang sama, cobalah untuk menggabungkan air berkarbonasi dengan jus buah segar murni untuk memuaskan keinginan dan memberi bayi sejumlah vitamin, mineral, potasium, dan zat besi.

Lebih baik lagi, cobalah menghindari minuman ringan selama kehamilan dan beralih ke jus sehat.

Soda mungkin merupakan pengganti minuman beralkohol yang menyegarkan, tetapi tidak sepadan dengan risikonya pada Anda atau Si Kecil di dalam kandungan.

Jadi, membatasi konsumsi soda memastikan pertumbuhan anak yang sehat dan juga mencegah cacat bawaan pada anak selama persalinan. Minum banyak air selama kehamilan adalah ide yang bagus.

Jus buah segar dan susu juga merupakan pilihan yang baik untuk hidrasi dan nutrisi.

Menjaga gaya hidup sehat saat hamil tentu menjadi kunci penting agar janin tumbuh dan berkembang dengan baik, serta terhindar dari risiko yang tidak diinginkan.

Baca juga: https://hypnobirthingsurabaya.com/2020/11/24/manfaat-saffron-untuk-bumil/

Yuk follow instagram kami untuk mendapatkan informasi seputar akupuntur, promil, bumil, dan busui:

https://www.instagram.com/hypnobirthing_surabaya/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
hi,
ada yang bisa dibantu ?