Penanganan Bayi Kembar Siam

Bayi kembar siam adalah salah satu kondisi langka, mungkin anda belum memahami bagaimana cara diagnosis dan penanganan kasus bayi kembar siam. Simak penjelasan berikut ini ya!

Cara Diagnosis Kembar Siam

Rutin memeriksakan kandungan ke dokter bisa membantu Anda mengetahui kondisi kehamilan. Kembar siam dapat diketahui melalui pemeriksaan USG sejak trimester pertama kehamilan. Pada trimester kedua, Anda bisa mengetahui sejauh mana organ tubuh pada bayi kembar berkembang dan melihat kemungkinan organ tubuhnya menempel atau tidak.

Jika hasil pemeriksaan USG menunjukkan organ tubuh bayi kembar Anda saling terhubung, maka dokter akan melanjutkan pemeriksaan dengan pemindaian MRI. Pemindaian ini bertujuan untuk melihat lebih detail bagian organ tubuh yang saling menempel.

Cara Menangani Bayi Kembar Siam

Apabila Anda telah didiagnosis hamil bayi kembar siam, maka dokter akan menentukan penanganan berdasarkan anatomi dan fungsi organ tubuh si Kecil yang menempel. Anda biasanya akan dianjurkan untuk melahirkan melalui operasi caesar lebih cepat dari tanggal perkiraan kelahiran.

Setelah bayi lahir, dokter terlebih dahulu memeriksa kondisi si Kecil untuk menentukan metode operasi pemisahan yang akan dilakukan. Proses pemisahan organ tubuh bayi yang menempel bisa dilakukan setelah kelahiran atau menunggu bayi berusia satu tahun bahkan lebih. Pertimbangannya adalah kondisi kesehatan kedua bayi Anda, perkiraan tingkat keberhasilan proses pemisahan, dan kelengkapan organ tubuh vital seperti jantung serta hati.

Apabila proses pemisahan berhasil dilakukan, kedua bayi selanjutnya harus menjalankan rehabilitasi untuk terapi fisik dan komunikasi. Tujuannya adalah kedua bayi bisa tumbuh dan berkembang secara normal seperti bayi pada umumnya.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, belum diketahui secara pasti penyebab bayi bisa terlahir dengan kondisi kembar siam. Sehingga cara pencegahannya belum bisa dijelaskan dengan detail. Cara terpenting untuk memperkecil risiko kelahiran bayi kembar siam adalah rutin memantau kesehatan Anda dan si Kecil selama masa kehamilan.

Semoga Anda dan janin sehat selalu, ya.

Baca juga: https://hypnobirthingsurabaya.com/2020/12/01/mencegah-bayi-kembar-siam/

Yuk follow instagram kami untuk mendapatkan informasi seputar akupuntur, promil, bumil, dan busui:

https://www.instagram.com/hypnobirthing_surabaya/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
hi,
ada yang bisa dibantu ?