Hiperemesis Gravidarum pada Bumil

Hiperemesis gravidarum (HG) adalah komplikasi di trimester pertama kehamilan yang menyebabkan mual dan muntah amat parah daripada morning sickness pada bumil yang biasa.

Mual terjadi lebih sering sehingga membuat tidak nafsu makan, volume muntahannya sangat banyak, frekuensi muntahnya sering, dan sampai melemahkan.

Morning sickness biasa umumnya dimulai sekitar minggu ke-6 kehamilan dan berhenti pada minggu 14-16.

Namun, mual dan muntah parah yang mungkin pertanda hiperemesis gravidarum jika sampai berlanjut ke minggu 20 kehamilan. Beberapa ibu mungkin terus mengalaminya sepanjang kehamilan.

Kondisi ini dapat terjadi pada semua kehamilan, tapi kemungkinannya lebih besar jika sedang hamil bayi kembar atau jika Anda hamil anggur.

HG bisa menyebabkan dehidrasi, penurunan berat badan drastis, kekurangan gizi, ketidakseimbangan elektrolit, dan gangguan metabolisme.

Ibu hamil yang mengalami kondisi ini harus dirawat di rumah sakit. Komplikasi hiperemesis gravidarum adalah hal serius dan terkait dengan ginjal, sistem saraf, dan kerusakan hati.

Seberapa umumkah hiperemesis gravidarum pada bumil?

Hiperemesis gravidarum adalah kondisi yang jarang terjadi. Dari sekitar 70-85 persen ibu hamil yang mengalami morning sickness, hanya sekitar 1-2 persen yang akan mengalami hiperemesis gravidarum.

Sekitar 75-85 persen wanita yang mengalami pernah morning sickness pada kehamilan pertama akan mengalaminya kembali di kehamilan kedua.

Apa saja gejala hiperemesis gravidarum?

Gejala kondisi ini dimulai antara minggu ke-4 sampai ke-8 dan terus berlangsung selama 16 minggu atau lebih. Gejala hiperemesis gravidarum umumnya memuncak di minggu ke-20 kehamilan.

Dikutip dari American Pregnancy, gejalanya termasuk:

  • Mual parah
  • Penurunan berat badan
  • Buang air kecil sedikit
  • Sakit kepala
  • Kebingungan
  • Pingsan
  • Penyakit kuning (jaundice)

Sebagian besar wanita yang mengalami kondisi ini sering mengalami muntah sepanjang hari.

Apabila terjadi dehidrasi, ini tanda adanya keton dalam urine. Keton adalah asam yang dibuat ketika tubuh Anda mulai menggunakan lemak untuk energi.

Tanda lainnya yaitu tubuh mengalami peningkatan denyut nadi dan tekanan darah rendah.

Kapan harus periksa ke dokter?

Anda harus menghubungi dokter kandungan segera ketika memiliki tanda-tanda kehamilan untuk mendapatkan petunjuk lebih spesifik dan pemantauan.

Namun, jika Anda mengalami muntah lebih sering dan berlebihan atau pingsan, Anda mungkin perlu dirawat di rumah sakit. Tubuh masing-­masing orang berbeda. Selalu periksa kandungan untuk mengetahui kondisi kesehatan.

Baca juga: https://hypnobirthingsurabaya.com/2020/12/01/penyebab-bayi-kembar-siam/

Yuk follow instagram kami untuk mendapatkan informasi seputar akupuntur, promil, bumil, dan busui:

https://www.instagram.com/hypnobirthing_surabaya/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
hi,
ada yang bisa dibantu ?