Jenis Ikan untuk Bumil

Ada banyak jenis ikan untuk bumil yang baik dikonsumsi karena terdapat beragam kandungan nutrisi di dalamnya. Kandungan tersebut antara lain berupa, protein, lemak omega 3, aneka mineral seperti kalsium, zat besi, zinc, selenium, serta berbagai vitamin lainnya yang baik untuk tubuh bumil serta pertumbuhan janin dalam rahim.

Kandungan protein dan lemak omega 3 yang tinggi pada ikan menjadikan makanan ini sebagai salah satu pilihan menu makanan yang baik untuk mendukung perkembangan otak bayi dalam kandungan.

Penasaran apa saja jenis ikan yang baik untuk bumil? Yuk simak artikel berikut.

Jenis ikan yang baik untuk bumil

Pada umumnya, terdapat 2 jenis ikan yang dapat dikonsumsi oleh bumil, yaitu ikan air tawar dan ikan laut. Meski berada di habitat yang berbeda, keduanya tetap mengandung nutrisi dan manfaat yang sama baiknya untuk bumil.

Ikan Mujair

Ikan mujair merupakan ikan yang habitatnya di air tawar dan banyak memiliki nutrisi untuk bumil. Jenis ikan ini sangat mudah untuk ditemukan, Anda bisa menemukannya di pasar tradisional maupun di supermarket.

Kandungan protein yang dimiliki ikan mujair ternyata cukup tinggi. Terdapat sekitar 26 gram protein dalam 100 gram ikan mujair. Selain itu ikan mujair juga mengandung vitamin B, fosfor, kalsium, selenium, kalium, dan kalsium menjadikan ikan ini baik dikonsumsi.

Bermacam-macam nutrisi tersebut dapat sangat bermanfaat untuk:

  • pertumbuhan jaringan tubuh dan otak pada janin
  • membantu pertumbuhan tulang
  • mendukung pertumbuhan jaringan payudara pada rahim ibu selama masa hamil
Ikan lele

Ikan lele ini merupakan ikan yang sangat mudah didapatkan dan harganya relatif terjangkau. Meski begitu, nutrisi pada ikan lele tidak kalah jika dibanding dengan ikan yang harganya mahal. Pasalnya, pada lele terkandung banyak sekali nutrisi penting seperti vitamin B12, selenium, fosfor, zat besi, asam lemak omega 3, omega 6 dan protein.

Ikan lele juga merupakan ikan yang rendah kalori dan merkuri, sehingga menjadikannya aman untuk dikonsumsi oleh bumil. Kandungan yang ada pada lele terbukti dapat membantu pertumbuhan dan memperbaiki jaringan otot hingga mencegah darah rendah pada bumil.

Ikan tongkol

Ikan ini kaya akan kandungan protein, zat besi, zinc, kalsium, dan vitamin B sehingga termasuk ikan yang baik untuk bumil. Nutrisi tersebut berperan untuk memproduksi sel darah merah yang dibutuhkan oleh bumil dan janin selama dalam masa kandungan.

Ikan salmon

Ikan salmon masuk kedalam jenis ikan laut yang baik untuk dikonsumsi untuk bumil. Ikan salmon juga ikan yang rendah kadar merkuri dan padat nutrisi. Kandungan nutrisi dalam ikan salmon berupa omega 3, protein, mineral, dan vitamin. Nutrisi tersebut bermanfaat untuk bumil dan janin terutama kandungan omega 3 nya, yang sudah terkenal baik untuk perkembangan otak janin. Tidak hanya itu, ikan ini juga mengurangi risiko kelahiran prematur dan depresi pascamelahirkan.

Ikan sarden

Kandungan pada ikan sarden tidak jauh berbeda dengan ikan lainnya seperti tongkol dan salmon. Selain nilai gizinya yang tinggi, ikan ini cocok dikonsumsi bumil karena kandungan merkurinya yang rendah. Jika Anda masih ragu tentang kandungan gizi ikan sarden sehingga jarang mengonsumsinya, mulai sekarang Anda bisa mencobanya.

Ikan teri

Ikan teri merupakan salah satu ikan yang sangat mudah ditemukan dengan harga yang terjangkau. Kandungan gizi pada ikan teri juga cukup tinggi yaitu, omega 3, protein, vitamin B, vitamin E, dan mineral seperti kalsium, kalium, zat besi, magnesium, selenium dan zinc.

Nutrisi tersebut baik dikonsumsi dan dibutuhkan oleh bumil sebagai pelengkap asupan nutrisi untuk memelihara kesehatan dan baik untuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi pada janin. Ikan ini juga rendah kandungan merkurinya, sehingga aman untuk dikonsumsi bumil.

Ikan kembung

Pilihan menu ikan lainnya yang juga baik untuk dikonsumsi bumil adalah ikan kembung. Ikan ini menjadi sumber kandungan kalsium, zat besi, yodium, serta kandungan asam lemak omega 3 pada ikan kembung sangat tinggi.

Ikan nila

Ikan nila bisa jadi alternatif jika Anda mempunyai riwayat penyakit kolesterol yang tinggi. Ikan ini diketahui memiliki kandungan lemak yang sangat rendah. Selain rendah lemak, ikan nila juga memiliki kandungan protein yang tinggi, fosfor, selenium, dan vitamin B12. Kandungan fosfor ini juga bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi janin.

Manfaat ikan untuk bumil

Mendorong pertumbuhan janin, ini karena kandungan asam amino yang baik untuk menciptakan sel-sel tubuh bayi seperti rambut, tulang dan otot.

Baik untuk perkembangan otak. Asam lemak omega 3 pada ikan terbukti dapat meningkatkan kekuatan otak janin.

Meningkatkan mood. Ini karena asupan asam lemak omega 3 terutama DHA yang telah terbukti mengurangi risiko depresi selama kehamilan.

Menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi ikan dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan juga dapat menurunkan tekanan darah jika memiliki riwayat hipertensi.

Mengurangi resiko lahir prematur. Ini dikarenakan adanya asupan asam lemak omega 3 yang tinggi membuat bumil memiliki resiko lebih rendah bayi lahir prematur.

Telah dijelaskan di awal, antara ikan laut dan ikan air tawar sama-sama memiliki nutrisi dan baik untuk dikonsumsi.

Selain mengkonsumsi ikan, Anda juga harus mengimbangi menu makanan dengan menu sehat lainnya seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan produk olahan susu lainnya.

Apapun jenis ikan yang akan Anda konsumsi, pastikan Anda memilih ikan yang masih segar dan diolah dengan cara yang benar. Dan apabila Anda memiliki kondisi tertentu atau masih ragu mengonsumsi jenis-jenis ikan diatas, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Selamat mencoba!

Yuk follow instagram kami untuk mendapatkan informasi seputar akupuntur, promil, bumil, dan busui:

https://www.instagram.com/hypnobirthing_surabaya/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
hi,
ada yang bisa dibantu ?