Susu Formula Bayi Prematur

Susu formula untuk bayi prematur umumnya diberikan ketika ibu memiliki kendala dalam produksi ASI atau memiliki kondisi medis tertentu yang membuat dirinya tidak memungkinkan untuk memberikan ASI. Meski demikian, pemilihan susu formula sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi bayi prematur.

Bayi prematur adalah bayi yang lahir ketika usia kandungan belum mencapai 37 minggu. Karena terlahir terlalu dini, bayi prematur cenderung memiliki berat badan lahir rendah serta organ yang belum tumbuh dan berkembang dengan sempurna.

Oleh karena itu, bayi yang terlahir prematur umumnya membutuhkan asupan nutirisi, seperti kalori, lemak, dan protein, lebih banyak untuk mendukung proses tumbuh kembangnya.

Secara umum, ASI merupakan sumber nutrisi paling baik untuk bayi prematur. Namun, pemberian ASI pada bayi prematur terkadang tidak memungkinkan, misalnya karena produksi ASI ibu yang kurang atau ibu memiliki kondisi medis yang membuatnya tidak dapat menyusui bayi prematurnya.

Pada kasus tersebut, dokter bisa merekomendasikan pemberian susu formula khusus untuk bayi prematur.

Susu Formula untuk Bayi Prematur

Bayi yang terlahir prematur berisiko tinggi mengalami komplikasi atau masalah kesehatan, misalnya berat badan lahir rendah atau gangguan pernapasan. Ketika terlahir dengan kondisi tersebut, ia mungkin akan sulit untuk menelan dan menyusu.

Oleh karena itu, dokter sering kali memberikan ASI atau susu formula melalui selang khusus yang dipasang melalui hidung atau mulutnya. Bayi prematur mungkin baru akan menyusu langsung dari puting atau botol susu ketika ia sudah memiliki kemampuan menelan yang baik.

Jika bayi prematur tidak dapat diberikan ASI, dokter mungkin akan menyarankan penggunaan susu formula untuk bayi prematur sebagai alternatif. Berikut ini adalah beberapa jenis susu formula yang dapat diberikan untuk bayi prematur:

Preterm formula

Preterm formula atau susu formula untuk bayi prematur boleh diberikan, terutama untuk bayi prematur yang lahir dengan usia kehamilan kurang dari 32 minggu atau berat badan lahir kurang dari 1.500 gram.

Susu ini mengandung kalori, protein, lemak, serta vitamin dan mineral yang lebih tinggi dibanding susu formula bayi pada umumnya. Berbagai nutrisi tersebut ditambahkan untuk mendukung dan mengejar laju tumbuh kembang bayi prematur agar bisa mendekati atau menyamai bayi yang lahir cukup bulan.

Post-discharge milk

Setelah bayi prematur diperbolehkan keluar dari rumah sakit, dokter mungkin akan merekomendasikan pemberian susu formula khusus untuk beberapa bulan pertama selama bayi di rumah. Susu formula ini disebut post-discharge milk.

Susu formula jenis ini memiliki kandungan nutrisi yang lebih kaya daripada susu formula biasa. Post-discharge milk dapat terus diberikan hingga bayi prematur siap untuk minum susu formula biasa.

Regular formula

Bayi prematur yang lahir di usia kandungan 34–36 minggu dapat diberikan susu formula biasa atau susu formula transisi. Tentunya pemberian susu formula ini harus berdasarkan rekomendasi dari dokter.

Bayi prematur yang memiliki masalah pencernaan atau alergi terhadap protein susu sapi bisa mengonsumsi susu formula yang terbuat dari kacang kedelai atau susu soya. Susu ini mengandung protein atau asam amino yang berisiko lebih rendah untuk menyebabkan reaksi alergi dan bebas laktosa.

Sayangnya, berbagai jenis susu kedelai formula tersebut dirancang untuk bayi yang lahir cukup bulan dan kemungkinan tidak mengandung kalori dalam jumlah yang dibutuhkan oleh bayi prematur.

Beberapa studi juga menyebutkan bahwa pemberian susu kedelai berisiko membuat bayi mengalami gangguan hormon yang dapat memengaruhi pubertasnya. Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memberikan susu formula biasa kepada bayi prematur.

Lama waktu pemberian susu formula untuk bayi prematur tergantung pada kebutuhan bayi serta tumbuh kembang dan perkembangan kondisi kesehatannya secara umum. Ada yang hanya 3 bulan, tetapi ada juga yang sampai 6 atau 12 bulan kemudian.

Jika Si Kecil terlahir prematur dan Anda tidak dapat memberikan ASI, janganlah ragu untuk berdiskusi dengan dokter anak mengenai pilihan susu untuk bayi prematur yang bisa Anda berikan kepada Si Kecil.

Baca juga: https://hypnobirthingsurabaya.com/2021/04/28/kontrasepsi-darurat/

Yuk follow instagram kami untuk mendapatkan informasi seputar akupuntur, promil, bumil, dan busui:

https://www.instagram.com/hypnobirthing_surabaya/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
hi,
ada yang bisa dibantu ?