Tips Janin Sehat Sempurna

Setiap ibu tentu menginginkan janin dalam kandungan nya dalam kondisi sehat dan sempurna. Menjaga janin agar tetap sehat adalah hal penting yang harus Ibu lakukan saat sedang hamil, karena kesehatan anak diperoleh sejak ia masih berada di dalam kandungan. Kesehatan Ibu saat hamil juga akan memengaruhi kesehatan janin dalam kandungan, lho. Jadi, jika Ibu sakit dan kurang makan saat hamil, janin juga akan merasakan hal yang sama. Lalu, apa yang bisa Ibu lakukan agar janin selalu sehat dan sempurna hingga persalinan? Berikut tips agar janin sehat dan sempurna

Tips Agar Janin Sehat dan Sempurna

1. Penuhi Kebutuhan Kalori Harian

Jumlah asupan kalori yang Ibu konsumsi saat hamil sangat memengaruhi nutrisi janin, lho. Oleh karena itu, sebaiknya Ibu jangan ada niat untuk diet saat hamil, ya. Atur pola makan dan pilih lah makanan yang sehat selama masa kehamilan. Jika Ibu memiliki berat badan yang meningkat pesat saat hamil, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

2. Penuhi Asupan Asam Folat

Selain memenuhi kebutuhan kalori harian, tips selanjutnya agar janin sehat yaitu dengan memenuhi asupan asam folat selama masa kehamilan. Hal ini karena asam folat sangat penting untuk menunjang pembentukan sel-sel dan sistem saraf janin dalam kandungan. Mengutip dariMayo Clinic, asupan asam folat yang cukup bisa mencegah terjadinya cacat tabung saraf, kelainan sumsum tulang belakang, hingga kelainan pada otak janin sejak dalam kandungan Ibu. Asam folat bisanya dapat Ibu temukan dalam suplemen kehamilan atau sayuran hijau dan buah-buahan seperti jeruk, pisang, dan alpukat.

3. Penuhi Asupan Zat Besi

Tak hanya kalori dan asam folat, selama hamil Ibu juga membutuhkan asupan zat besi yang cukup untuk pembentukan sel darah merah dan plasenta. Oleh karena itu, pastikan kebutuhan zat besi harian Ibu terpenuhi dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti daging, sayur, dan buah-buahan. Jika dirasa kurang, Ibu bisa menambah asupan zat besi dengan mengonsumsi suplemen zat besi. Kekurangan zat besi selama kehamilan bisa meningkatkan risiko perdarahan saat proses persalinan serta berat badan bayi lahir rendah.

4. Penuhi Asupan Kalsium dan Vitamin D

Kalsium juga sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan janin lho, Ibu. Hal ini karena kalsium berfungsi untuk pembentukan gigi, tulang, hati, saraf, dan otot janin. Selain itu, vitamin D juga turut serta menjaga kesehatan janin karena dapat meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Oleh karena itu, pastikan kebutuhan kalsium dan vitamin D Ibu terpenuhi selama masa kehamilan, ya.

5. Penuhi Asupan Yodium

Ibu, yodium juga berperan penting dalam menunjang kesehatan janin dalam kandungan, loh. Hal ini karena kekurangan yodium selama masa kehamilan dapat menghambat perkembangan fisik serta mental bayi. Oleh karena itu, pastikan kebutuhan yodium harian Ibu selama masa kehamilan tercukupi, ya. Asupan yodium bisa Ibu penuhi dengan mengonsumsi makanan seperti ikan tuna, sarden, bayam, serta susu. Ibu juga bisa menambahkan suplemen yodium apabila diperlukan.

6. Hindari Rokok dan Alkohol

Menghindari rokok dan alkohol agar janin sehat mungkin menjadi tips yang tak asing lagi bagi Ibu. Hal ini tentu karena rokok dan alkohol telah terbukti sangat berbahaya bagi janin dalam kandungan. Jadi, untuk menghindari hal-hal buruk terjadi pada kandungan Ibu, hindari rokok dan alkohol, ya.

7. Jaga Berat Badan

Selama hamil, Ibu memang dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan kalori harian. Namun, bukan berarti Ibu bisa makan sepuasnya tanpa memerhatikan kenaikan berat badan yang meningkat pesat. Umumnya, Ibu akan mengalami kenaikan berat badan dari sebelum hamil sebanyak 11-16 kg ketika hamil. Kenaikan berat badan yang tidak terkontrol saat hamil bisa meningkatkan risiko diabetes gestasional. Hal ini bisa menyebabkan bayi lahir dengan berat badan berlebih, hipoglikemia pada bayi, atau kelahiran prematur.

8. Rutin Berolahraga

Siapa bilang ibu hamil tidak boleh berolahraga? Nyatanya, berolahraga saat hamil memberikan banyak manfaat termasuk dalam menjaga kesehatan janin dalam kandungan. Jika Ibu sehat, tentu janin dalam kandungan pun akan merasakan dampaknya. Tak hanya sehat, berolahraga saat hamil juga bisa meningkatkan kualitas tidur, mengurangi keluhan nyeri pinggang, melatih pernapasan, menjaga berat badan, serta menurunkan risiko terjadinya preeklampsia dan diabetes gestasional. Ibu bisa mencoba olahraga yoga, senam hamil, atau berenang.

9. Minum Air Putih yang Cukup

Jangan lupa penuhi asupan air putih selama masa kehamilan untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungan. Tak hanya mencegah dehidrasi dan melancarkan pencernaan, air putih juga melancarkan aliran darah dari Ibu ke janin melalui plasenta. Selain itu, mengonsumsi air putih yang cukup juga dapat membantu menyalurkan nutrisi ke plasenta serta mencukupi kebutuhan cairan ketuban pada bayi.

10. Istirahat

Seiring bertambahnya usia kehamilan, Ibu mungkin akan cenderung sulit tidur di malam hari karena keluhan nyeri pinggang atau sesak napas. Hal ini sangat wajar di alami ya, Ibu. Namun, Ibu bisa mengakalinya dengan istirahat saat tidur siang agar jumlah jam tidur Ibu terpenuhi selama masa kehamilan. Jika Ibu istirahat dengan cukup, janin dalam kandungan Ibu pun akan tumbuh dan berkembang dengan baik dan sehat. Sebaliknya, jika Ibu kurang tidur, maka bisa berisiko mengalami preeklampsia.

11. Hindari Stres

Terakhir, Ibu perlu menghindari stres selama masa kehamilan karena Ibu yang bahagia akan berpengaruh pada kesehatan janin dalam kandungan. Stres saat hamil bisa menyebabkan perkembangan janin terhambat. Jika Ibu merasa sedih atau kesal saat hamil, bicaralah atau ceritakan pada pasangan, keluarga, atau psikolog bila perlu. Karena, jika dibiarkan memendam perasaan negatif terlalu lama dapat meningkatkan risiko depresi. Ibu bisa melakukan hal-hal yang Ibu sukai misalnya menonton film, membaca buku, atau kegiatan lainnya yang bisa meningkatkan mood Ibu.

Selain melakukan tips agar janin sehat dan sempurna diatas, jangan lupa untuk rutin cek kehamilan ke dokter ya, Ibu. Hal ini perlu dilakukan guna memantau perkembangan janin dan kesehatan Ibu selama masa kehamilan.

Baca juga: https://hypnobirthingsurabaya.com/2021/09/10/mengetahui-detak-jantung-janin/

Yuk follow instagram kami untuk mendapatkan informasi seputar akupuntur, promil, bumil, dan busui:

https://www.instagram.com/hypnobirthing_surabaya/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
hi,
ada yang bisa dibantu ?