Bayi Cegukan Dalam Kandungan

Selain gerakan menendang, kemungkinan besar Ibu yang sedang hamil juga akan merasakan bayi cegukan dalam kandungan. Bayi cegukan ketika di dalam kandungan bisa muncul di awal trimester pertama, namun Ibu baru bisa merasakan cegukan pada janin ketka memasuki trimester kedua dan ketiga. Ibu yang hamil akan merasa perutnya seperti kejang saat bagi mengalami cegukan di dalam kandungan.

Dilansir dari suatu sumber, hamper semua Ibu yang hamil akan merasakan bayi cegukan dalam kandungan, minimal sekali selama masa kehamilan. Bahkan ada juga janin yang mengalami cegukan setiap hari atau dalam intensitas waktu tertentu. Namun, apa sebenarnya apa penyebab terjadinya bayi cegukan dalam kandungan?

Bayi cegukan dalam kandungan bisa terjadi karena adanya kontraksi pada diafragma. Sistem syaraf pusat yang telah lengkap membuat janin dapat bernapas di dalam kantung ketuban yang dipenuhi cairan. Ketika cairan keluar, dan masuk paru-paru bayi, diafragmanya berkontraksi dan menimbulkan cegukan. Cegukan pada janin bukan merupakan hal berbahaya, namun merupakan suatu proses normal yang membantu janin menyiapkan fungsi paru-paru ketika ia lahir nanti dan membantunya mengatur  detak jantungnya pada trimester ketiga kehamilan.

Baca juga: https://hypnobirthingsurabaya.com/2021/09/13/penyebab-isk-pada-bumil/

Bayi yang cegukan di dalam kandungan juga dapat menjadi tanda bahwa ia tidak mendapatkan udara yang cukup. Apabila Ibu yang sedang hamil merasakan perutnya kejang dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya Ibu segera memeriksakannya ke dokter untuk memeriksa kemungkinan kondisi tali pusat yang melilit leher bayi. Cegukan pada janin juga dapat terjadi semakin sering saat mendekati hari persalinan. Karena hal ini merupakan refleks tubuh bayi yang akan menyusu setelah lahir, cegukan juga membantu bayi menyusui dengan baik dan mencegah ASI masuk ke saluran paru-paru.

Ketika sistem saraf pusat sudah memproduksi hal yang diperlukan untuk pernapasan bayi, cegukan mulai terjadi. Cegukan pada janin terasa seperti ketukan lembut di perut Ibu atau gerakan di bagian perut bawah. Cegukan ini akan semakin sering terjadi pada trimester ketiga, namun tidak perlu dikhawatirkan. Berikut ini makna di balik cegukan yang dialami oleh bayi di dalam kandungan:

Refleks bayi

Diafragma yang berkontraksi

Kompresi tali pusat

Semua gerakan janin selama masa kehamilan adalah tanda bahwa dirinya tumbuh dengan sehat. Apabila Ibu merasakan keanehan atau pergerakan yang tidak biasa, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Yuk follow instagram kami untuk mendapatkan informasi seputar akupuntur, promil, bumil, dan busui:

https://www.instagram.com/hypnobirthing_surabaya/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
hi,
ada yang bisa dibantu ?