Menambah Nafsu Makan Bumil

Bumil pada trimester awal kerap kali merasa kehilangan nafsu makan. Ada beberapa cara yang dapat Ibu lakukan untuk mengatasi rasa mual dan mengembalikan selera makan seperti sedia kala. Yuk, cari tahu cara menambah nafsu makan bumil.

Cara Menambah Nafsu Makan Bumil

Idealnya berat badan bumil bertambah 11-16 kg dari berat badan awal, untuk mendapatkan kehamilan yang sehat. Kurangnya nafsu makan saat hamil dapat mengakibatkan berat badan bumil justru turun, dan membuat bumil berisiko mengalami kekurangan nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan.

Padahal, kekurangan nutrisi saat hamil bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan perkembangan janin, kelahiran prematur, bahkan keguguran. Selain itu, bumil pun menjadi lebih rentan terserang berbagai penyakit. Setidaknya ada lima cara menambah nafsu makan bumil yang dapat dilakukan, yaitu:

1. Makanlah Setidaknya Setiap Dua Jam Sekali

Meskipun bumil sedang tidak nafsu makan akibat mual, namun usahakanlah untuk tetap makan. Setidaknya Ibu harus mengonsumsi makanan ringan agar tetap ternutrisi.

Namun, jangan asal makanan ringan! Konsumsilah makanan ringan yang kaya akan nutrisi, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, ataupun roti gandum isi. Makanlah apa yang bisa Ibu konsumsi selama tidak mengandung bahan yang berbahaya bagi janin.

2. Konsumsi Protein di Awal Hari

Protein memang sangatlah penting bagi kesehatan bumil dan janin. Namun, akan lebih baik pula jika Ibu mengonsumsi protein di awal hari. Salah satu makanan mengandung protein yang dapat bumil konsumsi adalah daging, telur, tahu, tempe, dan kacang-kacangan.

3. Aturlah Jumlah Asupan Garam dan Karbohidrat

Meskipun sedang hamil, bukan berarti Ibu dapat makan sepuasnya tanpa terkontrol ya. Ibu tetap harus mengontrol karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh Ibu.

Tak hanya karbo, jumlah asupan garam yang masuk ke dalam tubuh pun harus diatur sedemikian rupa. Jangan sampai kurang, namun jangan juga sampai berlebihan!

4. Konsumsi Roti Putih

Nutrisi yang terdapat pada roti gandum memang sudah tak bisa dipungkiri lagi. Namun pada saat hamil dan merasa mual, ada baiknya jika Ibu  mengonsumsi roti putih. Ibu bisa memanggang roti agar rasanya lebih enak.

5. Pesan Makanan yang Disukai

Tak selalu harus makan masakan rumah, untuk mengatasi kejenuhan serta meningkatkan selera makan mama, tak apa jika sesekali Ibu memesan makanan dari luar. Namun sebelumnya, perhatikan terlebih dahulu makanan yang Ibu pesan. Jauhilah junkfood, ada baiknya jika Ibu memesan makanan sehat dan lezat untuk dikonsumsi.

Berbagai cara di atas dapat Ibu lakukan untuk membantu mengembalikan nafsu makan. Selain itu, Ibu juga sebaiknya mengurangi stres agar tidak kehilangan nafsu makan.

Baca juga: https://hypnobirthingsurabaya.com/2021/09/13/demam-saat-hamil-muda/

Yuk follow instagram kami untuk mendapatkan informasi seputar akupuntur, promil, bumil, dan busui:

https://www.instagram.com/hypnobirthing_surabaya/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
hi,
ada yang bisa dibantu ?