Manfaat Pepaya untuk Busui

Tahukah ibu apa saja manfaat mengkonsumsi pepaya untuk busui? Meski belum ada bukti ilmiah soal manfaat pepaya mentah bisa melancarkan atau meningkatkan produksi ASI, namun buah pepaya secara umum diakui aman sebagai makanan oleh Food and Drug Administration (FDA) atau BPOM AS. Beberapa manfaat makan pepaya untuk busui seperti dikutip dari Parenting Firstcry, yakni:

1. Mencegah penyakit jantung

Pepaya mampu mencegah kolesterol menumpuk di pembuluh darah dengan membuat sistem peredarannya berjalan dengan lancar dan sehat, Ibu. Selain itu, buah yang kaya akan kalium ini juga dapat membantu mengatur detak jantung dan tekanan darah, sehingga beragam penyakit jantung yang mengancam dapat dihindari.

2. Mengontrol berat badan pasca melahirkan

Pepaya dapat membantu pencernaan bekerja dengan baik dengan efek detoksifikasinya karena bekerja membantu dalam pembakaran lemak. Selain itu, pepaya juga menjadi buah yang rendah kalori, tidak mengandung kolesterol, sehingga sangat berguna mengontrol berat badan setelah melahirkan.

3. Meningkatkan imunitas

Makan pepaya mentah saat menyusui adalah pilihan yang sangat baik demi memperoleh manfaat kesehatan. Itu karena di dalam pepaya mentah mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu, pepaya juga memiliki sifat anti-inflamasi lho, Ibu. Ini berfungsi untuk meningkatkan proses penyembuhan saat sakit dan mencegah terjadinya infeksi, penyakit, batik, dan flu.

4. Menyehatkan usus

Pepaya mengandung serat makanan yang membantu sistem pencernaan bekerja dengan baik. Apabila sistem yang mengolah makanan ini berjalan lancar, maka dapat mencegah masalah-masalah yang muncul seperti sembelit dan wasir.

Usahakan untuk mengonsumsinya dengan secara teratur ya sehingga akan sangat baik jika mengonsumsinya secara teratur.

5. Meningkatkan energi

Pepaya merupakan sumber kalium yang baik karena menawarkan sekitar 257 miligram (mg) mineral esensial dalam 100 gramnya. Kandungan ini bisa meningkatkan energi, dan fungsi otot.

6. Meningkatkan penglihatan

Pepaya adalah gudang vitamin A, yang dapat membantu meningkatkan penglihatan, dan melawan rabun senja. Selain itu, mencegah penuaan dan melindungi degenerasi makula.

7. Menghilangkan radikal bebas

Pepaya merupakan sumber yang kaya beta karoten, lutein, dan cryptoxanthin. Sifat antioksidan ini dapat membantu menghilangkan radikal bebas, melindungi dari stres oksidatif, dan mencegah kanker.

Kapan harus menghindari pepaya saat menyusui?

Meskipun pepaya memiliki banyak manfaat, namun perlu diketahui bahwa buah ini juga dapat menimbulkan alergi, bagi beberapa orang. Alergi tersebut biasanya berasal dari kulit pepaya yang mengandung enzim mirip dengan lateks.

Bagi yang tak toleran, enzim ini dianggap tubuh sebagai alergen. Sehingga dapat memberikan beragam reaksi tertentu.

Mengonsumsi pepaya pun harus dalam jumlah atau porsi yang sedang lho, Ibu. Jika terlalu banyak, dapat memicu ibu yang baru melahirkan mengalami alergi. Apabila muncul gejala pada busui setelah makan pepaya, maka makan buah pepaya sebaiknya segera dihentikan.

Gejala alergi pepaya

Reaksi alergi yang diakibatkan oleh pepaya bisa terjadi dengan bervariasi, mulai dari yang ringan hingga berat, Ibu. Segeralah mencari pertolongan medis apabila mengalami beberapa gejala berikut ini:

Kesulitan dalam bernapas

Timbul ruam gatal pada kulit yang menyentuh buah

Bibir bengkak

Iritasi di mulut dan tenggorokan

Diare dan muntah

Sensasi terbakar bersamaan dengan radang rongga mulut saat makan pepaya

Kesulitan bernapas dan pingsan

Ibu menyusui, ingatlah untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menambahkan pepaya dalam menu makanan saat menyusui. Itu karena makanan apapun yang dikonsumsi selama fase menyusui dapat secara langsung memengaruhi kesehatan Ibu dan mungkin secara tidak langsung akan memengaruhi bayi yang sedang disusui.

Itulah penjelasan manfaat pepaya untuk busui, semoga bermanfaat.

Baca juga: https://hypnobirthingsurabaya.com/2021/09/17/pare-untuk-busui/

Yuk follow instagram kami untuk mendapatkan informasi seputar akupuntur, promil, bumil, dan busui:

https://www.instagram.com/hypnobirthing_surabaya/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
hi,
ada yang bisa dibantu ?