Gurita Setelah Melahirkan

Sebaiknya berapa lama harus pakai gurita setelah melahirkan? Setelah melahirkan menjadi hal yang wajar apabila berat badan dan tubuh masih membengkak, terutama pada bagian perut. Apalagi sebagian Ibu mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan selama hamil.

Untuk mengembalikan tubuh ke bentuk semula tentu membutuhkan proses yang cukup lama. Tapi, jaman orang tua kita terdahulu ada sebuah tradisi yang hingga kini mungkin masih dilakukan oleh sebagian Ibu pasca bersalin.

Yup, tak lain adalah kewajiban menggunakan gurita atau stagen setelah melahirkan. Katanya, gurita atau stagen ini bisa membantu mempercepat proses pengecilan perut pasca bersalin lho.

Mengingat cara pakainya yang harus dililitkan di perut, mungkin nggak semua Ibu merasa nyaman menggunakannya. Terutama bagi Ibu yang melahirkan secara caesar, sebab adanya kemungkinan kain gurita bergesekan dengan luka di perut dan membuat Ibu merasa nyeri.

Meski menyimpan banyak pro dan kontra, lalu sebenarnya bahaya tidak memakai gurita setelah melahirkan? Kemudian berapa lama pakai gurita setelah melahirkan? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini ya.

Pro kontra bahaya tidak menggunakan gurita setelah melahirkan

Menggunakan gurita atau stagen setelah melahirkan hingga kini memang banyak pro dan kontranya ya. Melansir WebMD para dokter biasanya justru lebih menyarankan menggunakan gurita pada Ibu yang melakukan persalinan caesar.

Alasannya adalah, gurita dapat membuat perut Ibu terasa lebih nyaman karena adanya tekanan. Memakai gurita dapat membantu organ-organ dalam setelah melahirkan dapat kembali ke bentuk semula.

Tentu saja dengan catatan memakai gurita setelah persalinan caesar harus digunakan dengan benar ya. Meski begitu, risiko menggunakan gurita setelah melahirkan juga ada yakni sebagai berikut:

  • Kemungkinan Ibu merasa sakit di bekas jahitan caesar;
  • Sesak napas;
  • Alergi pada kulit;
  • Gangguan pencernaan;
  • maag;
  • mual;
  • Kerusakan organ dalam; dan
  • Pingsan, akibat pemakaian gurita terlalu ketat.

Manfaat memakai gurita setelah melahirkan normal

Melansir Bidankita meskipun begitu, ternyata memakai gurita selah persalinan juga ada manfaatnya lho. Menurut Bidan Yesie Aprillia, di Indonesia sendiri gurita atau stagen memang lebih akrab dikenal dengan bengkung kain.

Pada persalinan normal gurita bisa digunakan pada H+3 pasca melahirkan. Sementara pada persalinan caesar, sebaikya gurita digunakan saat bekas jahitan sudah nyaman sekitar 4-6 minggu setelah operasi atau bisa dikonsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Kalau di luar negeri bahkan ada yang langsung menggunakan gurita satu hari pasca melahirkan caesar.

Lalu berapa lama harus pakai gurita setelah melahirkan? Memakai gurita setelah melahirkan biasanya hingga 40 hari kedepan atau senyamannya Ibu saja. Sebab, menurut Bidan Yesie gurita tetap bisa bermanfaat kapanpun ibu ingin memakainya.

Manfaat gurita setelah melahirkan sendiri adalah untuk menghangatkan dan menyamankan perut Ibu pasca bersalin. Nantinya diharapkan juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. Sementara itu manfaat menggunakan gurita lainnya adalah sebagai berikut:

  • Menyangga otot perut;
  • Mengurangi perdarahan di dinding perut;
  • Mengurangi nyeri saat bergerak;
  • Membantu rahim menyusut ke ukuran semula;
  • Perut yang bergelambir jadi lebih kencang; dan
  • Bikin Ibu jadi lebih percaya diri.

Meski begitu, Bidan Yesie juga mengingatkan bahwa gurita, stagen maupun bengkung bukanlah alat pelangsing ya. Sebab pada dasarnya, langsing dan pulih kembali setelah melahirkan sangat ditentukan banyak faktor, seperti; asupan gizi seimbang, olahraga, menyusui serta hal yang utama adalah kebahagiaan Ibu sendiri.

Cara memakai gurita setelah persalinan normal dan caesar

Cara memakai gurita setelah persalinan normal atau caesar, sejatinya tidak jauh berbeda. Namun yang membedakan hanyalah posisinya saja agar tidak terkena luka bekas jahitan caesar. Untuk itu berikut adalah caranya:

1. Pilih yang berbahan katun dan nyaman, untuk pemula Ibu juga bisa memilih jenis velcro dibanding jenis yang perlu dililit atau diikat ya.

2. Sesuaikan ukuran gurita dengan tubuh.

3. Lilitkan di bagian perut bagian atas, pastikan posisi gurita berada pada dua sampai tiga jari di bawah lipatan paha.

4. Jangan digunakan terlalu ketat. Sebaiknya hindari menggunakan gurita tepat di bawah luka jahitan pasca caesar karena hanya akan membuat Ibu merasa sakit dan sulit bergerak.

5. Posisikan gurita di atas luka bekas jahitan pastikan tidak bergeser ke bagian jahitan luka caesar ya.

Penting dilakukan!

Menggunakan gurita pasca bersalin memang banyak dilakukan oleh para Ibu di Indonesia. Namun, agar tetap aman ada baiknya Ibu perlu memperhatikan hal-hal berikut ini ya:

Sebaiknya jangan mengenakan korset seharian;

Pilih bahan korset yang lembut agar kulit tidak tergores;

Pilih gurita yang mudah digunakan dan nyaman;

Jangan memaksa menggunakan gurita jika Ibu berkeringat atau kesulitan bernapas;

Jaga kebersihan korset dengan mencucinya secara teratur;

Sebaiknya beli gurita lebih dari satu agar bisa dipakai bergantian saat salah satunya dicuci;

Pastikan korset dalam keadaan kering agar tidak lembab saat dipakai untuk menghindari Ibu terkena iritasi kulit; dan

Jangan menganggap gurita bisa membuat tubuh Ibu menjadi langsing ya. Sebab untuk kembali langsing pasca melahirkan Ibu hanya perlu menjaga pola makan dan rutin berolahraga seperti melakukan senam perut.

Baca juga: https://hypnobirthingsurabaya.com/2021/10/11/mimisan-saat-hamil-2/

Yuk follow instagram kami untuk mendapatkan informasi seputar akupuntur, promil, bumil, dan busui:

https://www.instagram.com/hypnobirthing_surabaya/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
hi,
ada yang bisa dibantu ?