Trauma Melahirkan

Menjadi orangtua seolah merupakan sebuah batu lompatan besar yang menantang sekaligus menyenangkan. Namun, bagi beberapa orangtua, khususnya ibu, ada tantangan tersendiri yang mungkin terjadi di masa pascamelahirkan yakni trauma melahirkan.

Apa itu trauma melahirkan?

Selain disibukkan dengan aktivitas baru mengurus bayi, ada beberapa tantangan yang terkadang dialami ibu di masa pascamelahirkan.

Baby blues, depresi postpartum, dan psikosis postpartum merupakan masalah mental yang dalam beberapa kondisi terjadi pada ibu baru.

Akan tetapi, bukan hanya itu, ada satu masalah mental yang juga dapat dialami oleh ibu pascapersalinan atau saat masa nifas.

Masalah mental tersebut sekilas memiliki gejala yang mirip seperti depresi postpartum, tetapi sebenarnya berbeda.

Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh trauma melahirkan atau trauma persalinan.

Istilah medis dari trauma melahirkan ini adalah postpartum post-traumatic stress disorder (PTSD) alias gangguan stres pascatrauma.

Trauma melahirkan adalah kondisi kesehatan mental yang dipicu oleh peristiwa menakutkan, entah mengalaminya atau menyaksikannya secara langsung.

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana bisa sesuatu yang sangat umum seperti melahirkan dapat menciptakan reaksi fisiologis pada ibu?

Jawaban singkatnya, untuk beberapa ibu proses ‘alami’ seperti melahirkan juga dapat memicu trauma berat.

Ibu dengan trauma pascamelahirkan umumnya mengalami mimpi buruk, kecemasan parah, kilas balik peristiwa (flashback), dan pikiran mengenai peristiwa tersebut.

Kadang kala, perhatian pada proses persalinan lebih banyak ditujukan kepada bayi, sedangkan kondisi ibu kurang diperhatikan.

Berdasarkan American Psychiatric Association, ibu dengan trauma persalinan selalu masih terbayang mengenai pengalaman traumatis yang pernah dialami atau disaksikannya.

Kebanyakan ibu yang pernah mengalami pengalaman traumatis mungkin merasa kesulitan untuk menyesuaikan dirinya kembali.

Namun, seiring berjalannya waktu, perawatan postpartum PTSD yang tepat dapat memperbaiki gejala yang dialami ibu.

Baca juga penjelasan tentang ukuran panggul ibu hamil untuk melahirkan normal di link berikut ini: https://hypnobirthingsurabaya.com/2023/05/23/ukuran-panggul-ibu-hamil-2/

Yuk follow instagram kami untuk mendapatkan informasi seputar akupuntur, promil, bumil, dan busui:

https://www.instagram.com/hypnobirthing_surabaya/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
hi,
ada yang bisa dibantu ?