Lidah Putih Pada Bayi

Setelah Si Kecil minum susu, terdapat bercak putih di lidahnya yang menetap dan tak kunjung hilang? Ibu perlu hati-hati, bisa jadi lidah putih pada bayi ini disebabkan oleh infeksi jamur. Untuk mengetahui penyebab dan cara menanganinya, simak penjelasan berikut ini.  

Memang normal ketika Si Kecil menyusu, tertinggal bercak putih di lidahnya. Namun jika bercak itu tak juga hilang setelah beberapa kali Bunda usap dengan jari atau kain kasa, besar kemungkinan itu adalah infeksi jamur lidah atau oral thrush.

Selain di lidah, bercak putih akibat infeksi juga dapat muncul di langit-langit mulut, sisi pipi bagian dalam, dan gusi. Di kasus tertentu, kondisi ini menimbulkan rasa sakit di mulut, sehingga membuat bayi enggan menyusu.

Penyebab Lidah Putih pada Bayi

Lidah putih pada bayi merupakan dampak dari meningkatnya pertumbuhan jamur yang disebut Candida albicans. Jamur ini pada dasarnya memang hidup di mulut dan tidak berbahaya. Namun ketika jumlahnya bertambah, Candida albicans dapat menyebabkan infeksi.

Meningkatnya pertumbuhan jamur tersebut dapat terjadi karena:

Sistem kekebalan tubuh bayi yang masih lemah

Sistem kekebalan tubuh bayi yang belum berkembang sepenuhnya membuat jamur penyebab lidah putih mudah berkembang biak secara tidak terkendali. Selain karena infeksi jamur, bayi juga rentan terkena infeksi dan iritasi di saluran cernanya. Hal ini juga dapat menyebabkan lidahnya tampak keputihan.

Kebersihan mulut bayi yang kurang terjaga

Rongga mulut dan lidah bayi yang jarang dibersihkan dapat menjadi tempat pertumbuhan kuman. Kondisi mulut yang kotor tidak hanya dapat menimbulkan infeksi jamur, namun juga infeksi bakteri di rongga mulut dan gusinya. Oleh karena itu, bersihkanlah mulut dan gusi Si Kecil secara rutin ya, Bunda.

Pemberian obat pada bayi

Mulut memiliki bakteri baik yang dapat mengendalikan jumlah kuman penyebab infeksi, termasuk jamur Candida penyebab lidah putih ini. Ketika bayi mengonsumsi obat antibiotik atau kortikosteroid untuk alasan tertentu, bakteri baik tersebut dapat mati akibat kandungan obat.

Perlu diketahui bahwa infeksi jamur di lidah bayi ini bisa berpindah ke puting ibu saat bayi sedang menyusu. Jika terinfeksi jamur Candida, Bunda akan mengalami beberapa gejala, di antaranya adalah puting terasa gatal dan tampak bersisik, serta nyeri pada payudara saat menyusui.

Lidah bayi putih umumnya bukan gejala penyakit yang serius, dan biasanya bisa hilang dalam beberapa hari. Kondisi ini pun sebenarnya tidak mengganggu kesehatan Si Kecil secara langsung. Namun jika bagian mulutnya ada yang sakit, bayi biasanya jadi rewel dan tidak mau menyusu.

Cara Mengatasi Lidah Putih pada Bayi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lidah putih yang ringan dan tidak membuat Si Kecil terganggu biasanya bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Meski begitu, Bunda tidak boleh menganggapnya sepele.  Sebaiknya segera periksakan Si Kecil ke dokter jika keluhan ini disertai dengan demam, menyebabkan lidah atau mulutnya berdarah, atau lemas dan dehidrasi akibat tidak mau menyusu.

Baca juga: https://hypnobirthingsurabaya.com/2021/10/14/anak-tumbuh-gigi/

Yuk follow instagram kami untuk mendapatkan informasi seputar akupuntur, promil, bumil, dan busui:

https://www.instagram.com/hypnobirthing_surabaya/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
hi,
ada yang bisa dibantu ?