Makanan Sehat untuk Busui

Masa menyusui merupakan saat yang penting untuk tumbuh kembang bayi. Sehingga asupan nutrisi perlu lebih diperhatikan. Ada beberapa jenis makanan sehat untuk busui yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sang buah hati.

Umumnya, busui membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi, hingga 500 kalori, untuk memastikan produk air susu mencukupi. Meski demikian, tidak semua busui membutuhkan tambahan kalori. Hal ini tergantung dari berat badan sebelum hamil, penambahan berat badan pada masa hamil dan seberapa aktif kegiatan ibu.

Selama menyusui, ibu juga disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi vitamin, mineral, protein, dan karbohidrat kompleks. Selain untuk menunjang produksi dan kualitas ASI, ibu memerlukan gizi yang seimbang untuk menghindari sakit selama menyusui.  Selain itu, busui juga perlu membatasi makanan dan minuman yang bisa menurunkan kualitas ASI, misalnya makanan olahan, kafein, dan alkohol.

Beragam Makanan Sehat untuk Busui

Pilih makanan sehat dengan pola nutrisi yang seimbang, dan hindari menurunkan berat badan berlebihan pada masa menyusui. Berikut beberapa jenis makanan sehat untuk busui yang bernutrisi tinggi:

Telur

Sebagai salah satu sumber protein, telur merupakan pilihan mudah untuk busui. Jika ingin menambah asam lemak esensial pada air susu ibu (ASI), maka pilih telur yang difortifikasi DHA. Anda bisa mengonsumsi telur rebus ataupun telur orak arik untuk sarapan.

Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu sumber DHA untuk perkembangan sistem saraf bayi. Tingkat DHA dalam ASI tergantung dari jenis makanan yang dikonsumsi busui. Selain itu, DHA dalam salmon juga mampu mencegah depresi pasca melahirkan. Namun batasi konsumsi salmon hingga 12 ons per minggu, untuk mengurangi risiko bayi terpapar merkuri.

Beras cokelat

Beras cokelat mengandung lebih banyak serat dan nutrisi, sehingga dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Beras jenis ini juga tidak akan membuat kadar gula darah naik drastis setelah mengonsumsinya, jika dibandingkan dengan beras putih.

Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli, rendah kalori dan kaya kandungan vitamin A yang baik untuk bayi dan busui. Selain itu, sayuran hijau, seperti daun kelor juga kaya akan kalsium, vitamin C, zat besi dan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan jantung.

Susu

ASI dengan kandungan kalsium tinggi akan membantu perkembangan tulang bayi. Susu merupakan salah satu sumber kalsium yang baik. Selain itu, susu juga mengandung vitamin D, protein, dan vitamin B. Tiga cangkir susu per hari akan memenuhi kebutuhan busui. Jika tidak suka susu, cobalah mengonsumsi yoghurt yang juga banyak mengandung kalsium dan protein.

Kurma

Kurma merupakan salah satu camilan manis yang kaya kandungan kalsium, yang mana dapat mendorong produksi ASI. Kandungan seratnya juga sangat baik untuk busui. Selain kurma, busui juga dapat mengonsumsi kacang almond sebagai sumber kalsium.

Jeruk

Buah jeruk sangat cocok untuk menambah energi busui karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Jus jeruk yang sudah difortifikasi kalsium bisa menjadi pilihan minuman yang bernutrisi untuk busui.

Beragam pilihan makanan di atas bisa menjadi asupan bermanfaat bagi busui. Selain itu, informasi berbagai jenis makanan sehat untuk busui dapat dilakukan melalui konsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

Baca juga: https://hypnobirthingsurabaya.com/2021/10/15/lidah-putih-pada-bayi/

Yuk follow instagram kami untuk mendapatkan informasi seputar akupuntur, promil, bumil, dan busui:

https://www.instagram.com/hypnobirthing_surabaya/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
hi,
ada yang bisa dibantu ?